SALING MENDEKAT, NAMUN TIDAK MELEKAT


Alkisah ada sekelompok hewan landak yang sedang diselimuti hawa dingin yang menusuk tulang. Kemudian, mereka saling mendekat untuk mendapatkan kehangatan. Akan tetapi, duri-duri yang ada pada tubuh mereka mengenai yang lainnya, hingga mereka merasa sakit. Akhirnya, mereka saling menjauh. Tentu, mereka harus menahan rasa dingin yang tiada tara. 

Mereka dihadapkan pada dua pilihan; saling berdekatan namun harus merasakan sakit karena duri yang menusuk, atau saling menjauh namun merasakan dingin yang menyengat. Akhirnya, mereka menemukan solusi yang terbaik, yaitu saling mendekat namun tidak berdempetan. 

Dengan solusi tersebut, kehangatan dan rasa aman dapat terwujud sedangkan rasa sakit akibat duri dapat diminimalisir. Mereka saling mendekat tetapi tidak berdempetan sehingga tidak meninbulkan rasa sakit. Saling menjauh, akan tetapi tidak menghilangkan rasa aman dan kenyamanan. 

Manusia seperti hewan landak. Mereka dikelilingi semacam duri yang tidak bisa dilihat oleh mata.
Kita harus belajar dari hikmah yang terkandung pada hewan Landak. Kita boleh dekat dengan orang lain dengan kedekatan yang memungkinkan saling take and give. Namun, kita juga harus tetap menjaga agar jangan sampai kedekatan itu menjadi terlalu dekat, sehingga duri seseorang mengenai kita. 



Sumber : Buku 'Ide Kecil Untuk Perubahan Besar' oleh Karim Asy-Syadzily

0 komentar:

 
Distributor Baju Tidur Branded Stock Lot © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects